TIPE-TIPE KONSUMEN

TEMA : Tipe – tipe Konsumen

JUDUL : Tipe Konsumen Menurut Ernest Kretschmer

kretschmer menyatakan ada korelasi positif antara bentuk tubuh manusia dengan perilakunya berkaitan dengan ilmu perilaku konsumen.  ia mengkategorikan 3 tipe konsumen sbb:

* Konsumen Tipe Piknis

ciri-ciri fisik: bentuk badan bulat, anggota badan umumnya agak pendek, & berwajah bulat lebar

karakter:

(1) peramah, suka bicara, tenang, & suka humor;

(2) pendiam, baik hati, praktis energetik

cara menghadapi:

(1) perhatikan moodnya, & usahakan berbincang jika mereka menghendaki,

(2) lakukan percakapan yang menarik,

(3) jangan terlibat perdebatan dengan mereka,

(4) tidak terlalu “mengambil hati” dengan apa yang mereka ucapkan,

(5) bagi yang pendiam, sebaiknya beri perhatian ekstra

 

* konsumen tipe leptosom

ciri-ciri fisik: bentuk badan agak kecil & lemah, leher dan anggota badan menunjukan kesan kurus panjang

karakter: (1) angkuh; (2) idealis

cara menghadapi:

(1) hormati mereka seperti seorang raja,

(2) bersikap sabar, hormat, bijaksana, & siap melakukan permintaan mereka

(3) menyapa mereka dengan sikap hormat

 

 

 

* konsumen tipe atletis

ciri-ciri fisik: bentuk badan kokoh, pundak tampak lebar, pinggul berisi, anggota badan cukup panjang, badan berotot & kekar, berwajah bulat telur atau lonjong

karakter: energik namun berpenampilan kalem, jarang humor, kaku, & tidak lekas percaya

cara menghadapi:

(1) hindari debat kusir,

(2) beri kesan mereka pribadi yang cerdas,

(3) bersabar, tidak terburu-buru,

(4) memberi penjelasan yang sistematis,

(5) hindari sikap mengecewakan mereka, khususnya jika mereka tidak membeli barang

Komentar :

tipe-tipe konsumen yang telah dinyatakan oleh kretschmer seperti diatas, lebih mengarah pada bentuk fisik atau bentuk tubuh pada seseorang, tidak pada ciri – ciri seseorang yang berada sebagai konsumen. Namun bukan berarti cirri tersebut tidak berkaitan dengan ilmu perilaku konsumen, hanya saja cirri tersebut memiliki tipe yang berbeda.

Dan kitapun sangat perlu untuk mempelajari tipe-tipe tersebut, sebab dalam ilmu perilaku konsumen memiliki kaitan yang erat antara yang satu dengan yang lainnya.

Sumber :

http://rikanovyanti.wordpress.com/2010/02/25/tipe-konsumen-menurut-ernest-kretschmer/

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: