Tugas 4 Pendidikan Kewarganegaraan

Tugas 4. Pendidikan Kewarganegaraan

Apakah kita Sudah Menjaga dan Melestarikan Kebudayaan Negara Kita

Robi Ariadi / 1128100

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, semakin besar pula tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia ini, terutama dalam masalah ketahanan nasional yang semakin hari ditinggalkan oleh  anak-anak muda yang akan menjadi sebagai penerus bangsa ini, terutama dalam hal kebudayaan, Padahal bangsa Indonesia ini dikenal dunia sebagai bangsa yang memiliki kaya akan kebudayaan Sehingga memberikan tantangan terhadap bangsa ini untuk dapat mempertahankan dan melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan oleh para leluhur.

Sebagai anak muda yang peduli terhadap keadaan ketahanan nasional, teriutama dalam hal kebudayaan yang sudah semakin ditinggalkan oleh kaum muda bangsa ini, yang kebanyakan dari mereka lebih mengikuti kebudayaan dari bangsa barat yang kurang patut diikuti oleh anak muda bangsa ini. Memang sulit bagi mereka untuk meninggalkan kebudayaan bangsa barat yang sudah sering mereka ikuti. Terutama oleh anak muda yang bertempat tinggal di kota-kota besar seperti kota metropolitan. Namun masalah ini bukanlah halangan bagi kita untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia ini. Dalam diri kaum muda, pastinya banyak memiliki ide-ide kreatif untuk dapat melestarikan kebudayaan dengan cara yang lebih menarik dan dapat membuat seseorang merasa terpancing untuk dapat mengikuti dan menjaga kebudayaan bangsa ini.

Memang tidak mudah bagi anak muda untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan negaranya, karena kebanyakan dari mereka merasa malu dan merasa ketinggalan jaman. Karena oleh sudah semakin pesatnya kemajuan teknonologi. Namun saya yakin apabila kita mau mencoba dan mengajak oaring-orang yang ada di sekitar kita untuk lebih mempertahankan kebudayaan kita. Maka kebudayaan asingpun yang ada akan ditinggalkan oleh anak muda bangsa ini. Dan Negara kita akan menjadi Negara yang memiliki ketahanan nasional yang kuat. Dan kebudayaan Negara kitapun akan lebih dikenal olaeh bangsa-bangsa di dunia. Dan tidak dengan cara itu saja, dengan kemajuan teknologi juga dapat kita manfaatkan dengan memperkenalkan keanekaragaman kebudayaan Negara kita di internet. Saya pikir cara ini adalah salah satu yang efektif. Karena sebagian orang di jaman seperti sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menggunakan computer. Apalagi dengan semakin banyaknya warnet yang akan lebih mudah lagi bagi siapapun untuk mengaksesnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: